Rabu, 14 Januari 2015

Proses membatik catur kayu

Ketika mendengar kata batik, mungkin yang terbesit di pikiran kita adalah suatu teknik menggambar dan pewarnaan pada selembar kain dengan alat khusus atau batik yang merupakan hasil jadi dari proses tersebut, seperti pakaian, selendang, dan kain. Batik merupakan kekayaan adiluhung bangsa ini maka tak heran bila UNESCO pada 2 Oktober 2009 kemarin menetapkan batik sebagai salah satu warisan umat manusia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia dalam kategori Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Pengakuan itu diberikan karena pemerintah beserta rakyat Indonesia dinilai telah melakukan banyak langkah nyata untuk melindungi dan melestarikan batik secara turun temurun dan juga keragaman motif batik yang ada di Indonesia yang memiliki banyak makna filosofi yang mendalam. Hal itulah yang mendasari inovasi batik pada berbagai media, salah satunya kayu.

Membatik dengan media kayu? 
Proses pengeringan
Apa bedanya dengan batik kain? “Pada dasarnya tekniknya sama, cuma medianya saja yang berbeda. Membatik pada kayu juga menggunakan canting,”
Proses pembuatan batik kayu ini mengalami beberapa tahapan. Pertama-tama, kayu dipotong sesuai pola yang diinginkan kemudian dibubut dan diukir menggunakan tatah sesuai motif yang diinginkan kemudian dilanjutkan dengan proses pengamplasan. Setelah proses pengamplasan, dilanjutkan dengan proses pembatikan. Proses pembatikan ini layaknya membatik pada kain menggunakan bahan baku malam. Malam dipanaskan dalam wajan kecil di atas tungku hingga mencair dan kemudian canting dicelupkan ke dalam malam dan digoreskan membentuk motif yang diinginkan. Setelah proses pembatikan dilanjutkan dengan pewarnaan.  Dalam proses pewarnaan ini dilakukan sampai beberapa kali sehingga menghasilkan warna yang benar-benar matang.  Setelah mengalami berbagai proses di atas, kayu yang tadinya polos sudah menampakkan hasilnya dengan bentuk, warna, dan motif yang indah, tapi itu bukan berarti proses sudah berakhir. Batik Catur kayu yang sudah mulai berbentuk itu harus direbus dan kemudian dikeringkan, baru hasil jadinya dapat kita nikmati seperti gambar diatas.

Batik Catur kayu yang apik dengan berbagai motif dan warna akan tampil menarik menghiasi hunian Anda sehingga menambah cantik interior rumah.  Anda bisa mendapatkan catur batik yang unik ini hanya ada di www.DutaChess.com.

Batik kayu sendiri perawatannya cukup mudah dan gampang, “Cukup dilap dengan kain.  "selamat berbelanja."

2 komentar:

  1. Mantap gan, berapa Harganyua Catur Batik gan?

    BalasHapus
  2. Sy tertarik dgn caturnya unik dan berminat utk jualan juga..😁
    Bolehkah sy jadi reseller? Kalo boleh gmn hitungannya?
    Atau kalau saya mau beli untuk jual lagi, boleh sy dikasih harga spesial grosir?
    Mohon infonya gan...
    Bls ke email :
    ebenezer.daihatsu@gmail.com
    Thanks

    BalasHapus